PMB

Penerimaan Mahasiswa Baru
4 Prodi
 GIZI (D3)
 KEBIDANAN (D3)
 KEPERAWATAN (D3)
 KESEHATAN LINGKUNGAN (D3)
JALUR UMUM
1

JALUR SIPENMARU BERSAMA (SIMAMA) CBT /JALUR UMUM

A.Persyaratan Calon Peserta

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulus pendidikan :
    1. SMU/SMA/MA/SMK dengan jurusan yang relevan/sesuai dengan pilihan prodi dan ditetapkan oleh Panitia Nasional (terlampir)
    2. Paket C (untuk jalur SIMAMA)
  3. Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2022/2023 (Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2018), kecuali peserta Tugas Belajar dan Izin Belajar dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku untuk program tersebut.
  4. Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak sedang hamil, kondisi fisik tidak mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan. (pemeriksaan dilakukan pada tahap uji kesehatan)
  5. Tinggi badan*)dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Prodi keperawatan dan fisioterapi: minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan.
  2. Prodi kebidanan; hanya menerima peserta perempuan dengan tinggi badan minimal 150 cm
  3. Prodi lainnya ditetapkan oleh Panitia Nasional sesuai dengan kebutuhan dan diumumkan kepada calon peserta Sipenmaru Poltekkes Kemenkes

1.Jadwal SIMAMA CBT/ JALUR UMUM

 

 

No

 

Kegiatan

 

Waktu

1

Pendaftaran

16 Maret - 21 April 2022

2

Pelaksanaan CBT

25 - 30 April 2022

09 – 14 Mei 2022

3

Pemeringkatan dan Nominasi

  17 – 18 Mei 2022

4

Pengumuman hasil seleksi CBT

 19 Mei 2022

5

Pendaftaran dan Pelaksanaan Uji Kesehatan

20 - 25 Mei 2022

6

Nominasi Uji Kesehatan

27 Mei 2022

7

Pengumuman Kelulusan Akhir

  31 Mei 2022

8.

Registrasi dan pemberkasan Mahasiswa Baru

  02 -10 Juni 2022

9.

PKKMB

15 - 19 Agustus 2022

10.

Pelaksanaan Kuliah

Akhir Agustus 2022

Syarat Pemilihan Prodi

Prodi yang dapat dipilih pelamar melalui Jalur Simama CBT/Jalur Umum adalah sebagai berikut :

No

Prodi

Lulusan

1.

Keperawatan

SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, Paket C

2.

Kebidanan

SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, Paket C

3.

Gizi

SMA/MA semua Jurusan, SMK Kesehatan, SMK Non Kesehatan, Paket C

4.

Sanitasi

SMA/MA semua Jurusan, SMK Kesehatan, SMK Non Kesehatan,

Paket C

 
JALUR BEASISWA KELUARGA MISKIN (GAKIN)
2
  1. PERSYARATAN PENDAFTARAN

Adapun persyaratan pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Mamuju Tahun Akademik 2022/2023 untuk Jalur Beasiswa GAKIN adalah sebagai berikut :

  1. Persyaratan Umum
    • Siswa SMA/SMK/MA/sederajat di seluruh wilayah Indonesia yang akan lulus tahun 2022, diutamakan SMA/SMK/MA/sederajat atau siswa yang berasal dari Sulawesi Barat.
    • Berasal dari keluarga miskin
    • Nilai rapor semester 1 sd 5 dengan rata rata nilai kategori baik
    • Bersedia tidak menikah, cuti dan tidak mengundurkan diri selama menempuh pendidikan
    • Memiliki prestasi di bidang tertentu, merupakan nilai tambah dalam proses penilaian
    • Tinggi Badan khusus untuk peminatan Prodi Keperawatan dan Kebidanan adalah :
  1. Prodi Keperawatan, Perempuan minimal 150 cm dan Laki-Laki min. 155 cm
  2. Prodi Kebidanan, minimal 150 cm.
  3. Prodi Gizi & Sanitasi tidak dipersyaratkan tinggi badan
    • Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik.
    • Berstatus belum menikah/berkeluarga
    • Tidak sedang menerima biaya pendidikan dari institusi lain
  1. Syarat Pemilihan Prodi

Prodi yang dapat dipilih pelamar melalui Jalur Beasiswa GAKIN adalah sebagai berikut :

No

Prodi

Lulusan

1.

Keperawatan

SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, Paket C

2.

Kebidanan

SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, Paket C

3.

Gizi

SMA/MA semua Jurusan, SMK Kesehatan, SMK Non Kesehatan, Paket C

4.

Sanitasi

SMA/MA semua Jurusan, SMK Kesehatan, SMK Non Kesehatan,

Paket C

  1. Persyaratan Khusus
    • Calon pendaftar dapat memilih maksimal 2 Pilihan Prodi yang ada di Poltekkes Mamuju.
    • Untuk mendapatkan kode billing pembayaran pendaftaran, dapat menghubungi contact person whatsapp 085 355 777 858 (Sabrina) / 085 340 585 920 (Ayu)
    • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000,- untuk 1 (satu) pilihan Prodi dan Rp.125.000,- untuk 2 pilihan Prodi melalui teller Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Kantor Pos

 

  1. Berkas Pendaftaran
  • Slip asli Bukti Pembayaran Pendaftaran
  • Foto Copy rapor semester 1 s.d. 5 yang dilegalisir/disahkan oleh Kepala Sekolah
  • Asli Surat Keterangan Miskin yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah.
  • Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga, sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi Kartu JKN atau sejenisnya (bagi yang belum memiliki, dapat dipenuhi setelah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru)
  • Foto warna 4x6 (latar biru), 4 lembar
  • Foto Copy Surat Keterangan Akreditasi Sekolah
  • Foto Copy sertifikat prestasi dalam bidang keilmuan, seni dan olahraga (jika ada)
  • Asli surat pernyataan calon penerima beasiswa GAKIN yang diusulkan Kepala Sekolah***
  • Asli Surat Pernyataan Tidak Akan Mengundurkan Diri selama menempuh pendidikan di Poltekkes Kemenkes Mamuju***

Keterangan :

***surat pernyataan terdapat pada lampiran atau menghubungi whatsapp 085 355 777 858 (Sabrina) / 085 340 585 920 (Ayu)

  1. Jadwal Pelaksanaan Jalur Beasiswa GAKIN

No.

Nama Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

1

Pendaftaran

07 Februari – 11 Maret 2022

2

Penyerahan Berkas & Tes Wawancara***

07 Februari – 15 Maret 2022

3

Pengumuman Seleksi Berkas & Tes Wawancara

16 Maret 2022

4

Tes Kesehatan

17 – 18 Maret 2022

5

Pengumuman Tes Kesehatan (Tahap Akhir)

21 Maret 2022

6

Pendaftaran Ulang

22 – 25 Maret 2022

7

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

15 - 19 Agustus 2022

8

Perkuliahan

Akhir Agustus 2022

  1. Cara Pendaftaran

Pendaftar dapat memilih salah satu cara pendaftaran di bawah ini :

  1. Online, dengan mengunjungi link pendaftaran www.siakad.poltekkesmamuju.ac.id
  2. Offline (Manual), dilakukan dengan cara membawa langsung berkas pendaftaran ke Kampus Poltekkes Kemenkes Mamuju, Jl. Poros Mamuju-Kalukku, KM.16, Tadui, Mamuju.
 
JALUR PMDP PRESTASI AKADEMIK, ORGANISASI, OLAHRAGA DAN SENI (Bebas Tes Tulis)
3

1.  Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Siswa SMA/MA Jurusan IPA dan IPS Kelas 12 pada tahun ajaran 2021/2022
  • Siswa SMK Kelas 12 pada tahun ajaran 2021/2022 dengan Jurusan yang relevan dengan Program Studi yang dipilih (terlampir).
  • Nilai pengetahuan pada raport minimal 75 untuk setiap mata pelajaran semester 1 – 5 dan/atau memiliki prestasi non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota.
  • Akreditasi sekolah minimal B, khusus untuk daerah DTPK/3T akreditasi sekolah minimal C.
  • Dinyatakan Lulus SMA/MA/SMK (bila sudah diterima).
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi SIMAMA Jalur PMDP Tahun Akademik 2022/2023.
  • Melampirkan Surat Pernyataan tidak akan mengundurkan diri jika lulus pada seleksi ini (formulir terlampir).
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa dan kegiatan lainnya baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lain untuk mewakili sesuai bidang peminatan/bakatnya.
  • Memiliki prestasi non akademik (prestasi di bidang ilmiah, seni, olah raga, keagamaan, pramuka, dan paskibra)
  • Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak sedang hamil, kondisi fisik tidak mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan. (pemeriksaan dilakukan pada tahap uji kesehatan)
  • Tinggi badan*)dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Prodi keperawatan dan fisioterapi: minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan.
    2. Prodi kebidanan; hanya menerima peserta perempuan dengan tinggi badan minimal 150 cm
    3. Prodi lainnya ditetapkan oleh Panitia Nasional sesuai dengan kebutuhan dan diumumkan kepada calon peserta Sipenmaru Poltekkes Kemenkes

2.  Syarat Pemilihan Jurusan

      Prodi yang dapat dipilih pelamar melalui Jalur PMDP Prestasi Akademik adalah sebagai berikut :

No

Prodi

Lulusan

1.

Keperawatan

SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan

2.

Kebidanan

SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan

3.

Gizi

SMA/MA semua Jurusan, SMK Kesehatan, SMK Non Kesehatan

4.

Sanitasi

SMA/MA semua Jurusan, SMK Kesehatan, SMK Non Kesehatan

 

3.  Persyaratan Khusus

  • Calon pendaftar dapat memilih 2 Pilihan Prodi yang ada di Poltekkes Mamuju.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000,- untuk 1 (satu) pilihan Prodi dan Rp.125.000,- untuk 2 pilihan Prodi melalui teller Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Kantor Pos (tidak boleh melalui ATM).

4.  Berkas Pendaftaran

  • Slip asli Bukti Pembayaran Pendaftaran
  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  • Fotokopi Kartu JKN atau sejenisnya (bagi yang belum memiliki, dapat dipenuhi setelah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru)
  • Foto copy raport semester 1 - 5 (akan lulus tahun 2022) yang telah dilegalisir
  • Foto copy Ijazah/surat keterangan lulus yang telah dilegalisir
  • Foto Copy Surat Keterangan Akreditasi Sekolah (minimal B)
  • Foto warna ukuran 4x6 (latar biru) sebanyak 4 lembar

Keterangan :

Info lebih lanjut dapat menghubungi whatsapp 085 355 777 858 (Sabrina) / 085 340 585 920 (Ayu)

 

5.  Jadwal SIMAMA PMDP

 

No

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran

7 Februari s/d 11 Maret 2022

2

Pengisian Fortofolio

7 Februari s/d 11 Maret 2022

3

Verifikasi Dokumen, Penilaian dan Pemeringkatan Fortofolio

12 Maret s/d 15 Maret 2022

4

Pengumuman Hasil Nominasi

 16 Maret 2022

5

Uji Kesehatan dan Verifikasi Hasil Uji Kesehatan

17 Maret s/d 18 Maret 2022

6

Nominasi Hasil Akhir

21 Maret 2022

7

Pengumuman Hasil Seleksi Akhir

22 Maret 2022

8

Registrasi dan Pemberkasan

23 Maret s/d 25 Maret 2022

9

PKKMB

15 - 19 Agustus 2022

10

Permulaan Kuliah

Akhir Agustus 2022

 

6.  Cara Pendaftaran

     Pendaftar dapat memilih salah satu cara pendaftaran di bawah ini :

  1. Online, dengan mengunjungi link pendaftaran https://siakad.poltekkesmamuju.ac.id/pmb
  2. Offline (Manual), dilakukan dengan cara membawa langsung berkas pendaftaran ke Kampus Poltekkes Kemenkes Mamuju, Jl. Poros Mamuju-Kalukku, KM.16, Tadui, Mamuju .

 

 

 
JALUR MANDIRI
4

G. PERSYARATAN PENDAFTARAN

a) Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing

2. Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada bulan Agustus 2022

3. Tinggi badan khusus Prodi Keperawatan dan Kebidanan yaitu :

- Keperawatan : Perempuan minimal 150 cm, laki-laki minimal 155 cm

- Kebidanan : Minimal 150 cm

- Prodi Gizi & Sanitasi tidak dipersyaratkan tinggi badan

- Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik.

b) Syarat Pemilihan Prodi Prodi yang dapat dipilih pelamar melalui Jalur Umum adalah sebagai berikut

1. Keperawatan : SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, Paket C

2. Kebidanan : SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, Paket C

3. Gizi : SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, SMK Tata Boga, SMK Pariwisata, SMK Pertanian, Paket C

4. Sanitasi : SMA/MA semua Prodi, SMK Kesehatan, SMK Teknik, SMK Kimia, Paket C

c) Persyaratan Khusus

1. Calon pendaftar dapat memilih maksimal 2 (dua) Pilihan Prodi

2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000,- untuk 1 (satu) pilihan Prodi dan Rp.125.000,- untuk 2 pilihan Prodi melalui teller Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Kantor Pos (tidak boleh melalui ATM).

d) Berkas Pendaftaran

- Slip asli Bukti Pembayaran Pendaftaran

- Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga

- Foto Copy Surat Keterangan Akreditasi Sekolah

- Foto Copy ijazah atau Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir, sebanyak 1 (satu) lembar.

- Fotokopi Kartu JKN atau sejenisnya (bagi yang belum memiliki, dapat dipenuhi setelah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru)

- Foto warna (latar biru) ukuran 4 x 6 cm, sebanyak 4 (empat) lembar

e) Jadwal Pelaksanaan Jalur Mandiri

1

Pendaftaran

25 April - 01 Juli 2022

2

Pelaksanaan Ujian CBT**

06 - 07 Juli 2022

3

Pengumuman Hasil Ujian CBT

09 Juli 2022

4

Pelaksanaan Tes Kesehatan

13 - 14 Juli 2022

5

Pengumuman Tes Kesehatan (Tahap Akhir)

16 Juli 2022

6

Pendaftaran Ulang

19 Juli - 06 Agustus 2022

7

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

16 - 20 Agustus 2022

8

Pekuliahan

Akhir Agustus 2022

 

Catatan :

1. Pada saat ujian tulis, peserta yang melakukan pendafatran secara online harap membawa seluruh dokumen berkas pendaftaran dan diserahkan kepada panitia pengawas ujian.

2. Seluruh dokumen berkas pendaftaran disusunn dengan rapi dan dimasukkan kedalam Map/Amplop cokelat.

f) Cara Pendaftaran Pendaftar dapat memilih salah satu cara pendaftaran di bawah ini :

1. Online, dengan mengunjungi link pendaftaran www.siakad.poltekkesmamuju.ac.id/pmb

2. Offline (Manual), dilakukan dengan cara membawa langsung berkas pendaftaran ke Kampus Poltekkes Kemenkes Mamuju, Jl. Poros Mamuju-Kalukku, KM.16, Tadui, Mamuju.

 
JADWAL KEGIATAN
Hari, Tanggal Waktu Kegiatan Tempat
07 Februari – 15 Maret 2022 08.00-16.00 Pendaftaran Jalur Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu Poltekkes Kemenkes Mamuju
08.00-16.00 Penyerahan Berkas & Tes Wawancara Jalur Beasiswa Kurang Mampu Poltekkes Kemenkes Mamuju
16 Maret 2022 08.00-16.00 Pengumuman Seleksi Berkas & Tes Wawancara Jalur Beasiswa Kurang Mampu Poltekkes Kemenkes Mamuju dan Online Melalui Media Sosial Poltekkes Kemenkes Mamuju
17 – 18 Maret 2022 08.00-16.00 Tes Kesehatan Jalur Beasiswa Kurang Mampu Fasilitas Kesehatan yang ditentukan Poltekkes Kemenkes Mamuju (Puskesmas dan Rumah Sakit)
21 Maret 2022 08.00-16.00 Pengumuman Tes Kesehatan (Tahap Akhir) Jalur Beasiswa Kurang Mampu Poltekkes Kemenkes Mamuju dan Online Melalui Media Sosial Poltekkes Kemenkes Mamuju
22 – 25 Maret 2022 08.00-16.00 Pendaftaran Ulang Jalur Beasiswa Kurang Mampu Poltekkes Kemenkes Mamuju
7 Februari s/d 4 Maret 2022 08.00-16.00 Pendaftaran Jalur SIMAMA PMDP Poltekkes Kemenkes Mamuju
08.00-16.00 Pengisian Fortofolio Jalur Simama PMDP Poltekkes Kemenkes Mamuju
7 Maret s/d 9 Maret 2022 08.00-16.00 Verifikasi Dokumen, Penilaian dan Pemeringkatan Fortofolio Jalur Simama PMDP Poltekkes Kemenkes Mamuju
10 Maret 2022 08.00-16.00 Pengumuman Hasil Nominasi Jalur Simama PMDP Poltekkes Kemenkes Mamuju
14 Maret s/d 17 Maret 2022 08.00-16.00 Uji Kesehatan Jalur Simama PMDP Fasilitas Kesehatan yang ditentukan Poltekkes Kemenkes Mamuju (Puskesmas dan Rumah Sakit)
08.00-16.00 Verifikasi Hasil Uji Kesehatan Poltekkes Kemenkes Mamuju
18 Maret 2022 08.00-16.00 Nominasi Hasil Akhir Kelulusan Jalur Simama PMDP Poltekkes Kemenkes Mamuju
19 Maret 2022 08.00-16.00 Pengumuman Hasil Seleksi Akhir Jalur Simama PMDP Poltekkes Kemenkes Mamuju
21 Maret s/d 25 Maret 2022 08.00-16.00 Registrasi dan Pemberkasan Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Mamuju
1 – 31 Maret 2022 08.00-16.00 Pendaftaran CBT Simama Poltekkes Kemenkes Mamuju dan Online Melalui link yang disediakan
11 – 22 April 2022 08.00-16.00 Pelaksanaan CBT Simama Poltekkes Kemenkes Mamuju
25 – 27 April 2022 08.00-16.00 Pemeringkatan dan Nominasi jalur CBT Simama Poltekkes Kemenkes Mamuju
28 April 2022 08.00-16.00 Pengumuman hasil seleksi CBT Simama Melalui Akun simama masing-masing pendaftar
9 – 12 Mei 2022 08.00-16.00 Uji Kesehatan Jalur Simama CBT Fasilitas Kesehatan yang ditentukan Poltekkes Kemenkes Mamuju (Puskesmas dan Rumah Sakit)
13 Mei 2022 08.00-16.00 Nominasi Hasil Uji Kesehatan Jalur CBT Simama Poltekkes Kemenkes Mamuju
17 Mei 2022 08.00-16.00 Pengumuman Kelulusan Akhir Jalur Simama CBT Poltekkes Kemenkes Mamuju
19 -25 Mei 2022 08.00-16.00 Registrasi dan pemberkasan Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Mamuju